5 Kebiasaan Mandi yang Malah Membuat Kulit Kusam dan Kering

Posted on

5 Kebiasaan Mandi yang Malah Membuat Kulit Kusam dan Kering, Seperti pepatah “Kebersihan adalah sebagian dari iman”, tanpa kecuali Anda harus menjaga kebersihan diri dengan mandi. Salah satu syarat agar dapat hidup sehat adalah dengan mandi, karena setelah mandi tubuh pasti merasa lebih fresh. Bahkan mandi bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan penat.

Namun terkadang ada beberapa kebiasaan saat mandi yang malah membuat kulit Anda menjadi kusam dan kering. Tentu tidak ada yang menginginkan hal ini, memiliki kulit yang sehat dan bersih tentu dambaan semua orang.

Tapi ternyata ada beberapa kebiasaan saat mandi yang jarang diketahui malah membuat kulit kusam dan kering. Diantaranya adalah:

1. Maskeran Setelah Mandi

Untuk merawat kulit wajah agar tetap segar, kencang dan juga bersih. Salah satu yang dapat diupayakan adalah dengan menggunakan masker wajah. Biasanya, waktu yang dipilih untuk memasker wajah adalah setelah mandi. Karena setelah mandi, kulit wajah Anda pasti menjadi lebih bersih.

Namun siapa sangka, ternyata cara ini salah loh. Waktu untuk memasker wajah setelah mandi ternyata adalah waktu yang keliru. Sebenarnya, waktu yang tepat untuk memasker wajah adalah sebelum mandi. Karena saat memasker wajah, Anda perlu membilas wajah sebanyak dua kali yaitu setelah memasker wajah dan saat mandi.

2. Tidak Membilas Tubuh Secara Merata

Saat mandi terkadang ada bagian tubuh yang sulit Anda jangkau misalnya bagian belakang tubuh. Ternyata, tidak membilas tubuh secara merata seperti bagian punggung dapat membuat kulit tubuh Anda menjadi kering.

3. Mandi Dengan Busa yang Banyak

Busa yang banyak terkadang menjadi kesenangan tersendiri bagi Anda saat mandi karena memberikan kesan menenangkan. Tapi ternyata, busa yang banyak justru membuat kulit kering. Bagaimana bisa? Karena busa yang banyak ini dapat menyerap minyak yang ada pada tubuh Anda.

4. Mandi Dengan Air Hangat Untuk Waktu yang Lama

Terkadang mandi dengan air hangat adalah salah satu alternatif yang Anda pilih untuk menghilangkan penat. Mandi dengan air hangat memang dapat membuat tubuh merasa lebih rileks dan terasa lebih ringan. Namun, mandi menggunakan air hangat terlalu lama justru membuat kulit Anda menjadi kering.

Air hangat ternyata dapat mengurangi minyak yang ada pada tubuh. Waktu maksimal yang digunakan untuk mandi adalah sekitar 20 menit. Alangkah baiknya setelah mandi menggunakan air hangat membilasnya dengan air dingin.

5. Tidak Langsung Menggunakan Pelembab

Masalah yang paling sering timbul karena kebiasaan yang salah saat mandi adalah kulit yang menjadi kusam dan kering. Sama halnya kulit wajah yang kering, Anda perlu mengatasinya dengan pelembab. Jika kulit tubuh Anda menjadi kusam dan kering karena kebiasaan mandi yang salah, maka Anda perlu menggunakan pelembab misalnya body lotion.

Setelah mandi, biasanya kulit tubuh kita menjadi lebih kering. Nah, waktu yang paling tepat untuk  menggunakan pelembab adalah setelah mandi. Anda dapat menggunakan body lotion untuk melembabkan kulit tubuh Anda.

Itu tadi beberapa kebiasaan saat mandi yang ternyata salah dan membuat kulit tubuh menjadi kusam dan kering. Untuk itu, agar terhindar dari kulit kusam dan kering, Anda bisa mulai dengan merubah kebiasaan saat mandi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *