Ada yang Baru di KBBI!

Posted on

Ada yang Baru di KBBI! – Seiring berkembangnya zaman, tak hanya teknologi atau fashion saja yang mengikuti trend yang ada. Bahasa juga tak luput dari perkembangan dan arus trend yang ada masa kini. Bahasa yang kini menjadi trend kebanyakan bahasa asing yang sering digunakan oleh masyarakat lokal. Namun, bahasa asing itu kini sudah diterjemahkan dan ditambahkan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Inilah Kata-kata baru di KBBI yang sering Anda dengarkan dan gunakan, yaitu:

1. During dan Luring

Istilah ini memang sering Anda gunakan dan berkaitan dengan dunia teknologi. During yang diartikan dalam jaringan. Sedangkan kebalikan dari During yaitu Luring atau dapat diartikan Luar Jaringan.

2. Pramusiwi

Kebanyakan dari Anda sering menggunakan istilah babysitter untuk orang yang dikenal sebagai perawat atau pengasuh bayi. Kini, babysitter bisa juga disebut sebagai pramusiwi. Jadi ayo mulai ubah dalam mengucapkan babysitter menjadi pramusiwi.

3. Warganet

Kata-kata ini mungkin tak asing di telinga Anda. Orang yang sering nampang atau muncul di dunia maya biasanya disebut dengan nitizen atau bahkan ada yang menyebutya citizen. Nah, di KBBI kata-kata nitizen ini dikenal sebagai warganet.

4. Gawai

Kata-kata ini mungkin asing Anda dengarkan. Bukan lawan dari arak-arakan, namun gawai diartikan sebagai alat atau perkakas namun untuk alat-alat elektronik atau bisa disebut dengan gadget.

5. Swafoto

Mengambil foto diri sendiri atau melalui usaha sendiri, biasanya Anda menyebutnya dengan selfie. Nah di KBBI, kata selfie bisa disebut juga dengan swafoto.

6. Komedi Tunggal

Dunia entertainment memang seakan tak kehilangan ide menarik. Yang tak kalah menarik salah satunya adalah stand up comedy. Di KBBI, kata stand up comedy dapat disebut dengan komedi tunggal.

7. Saltik

Mendengar sekilas saja Anda pasti tau arti dari kata ini. Yap, Saltik bisa diartikan dengan salah ketik atau generasi muda biasa menyebutnya dengan typo.

8. Derau

Suara berisik saat rekaman atau dalam bahasa inggris disebut noise. Di KBBI, kata noise bisa diganti dengan derau yang berarti berisik atau gaduh.

9. Narahubung

“info lebih lanjut silahkan Anda hubungi nomer xxxx” nah kalimat seperti itu tentu tak jarang Anda jumpai di iklan-iklan yang beredar. Sekarang Anda bisa menggunakan kata narahubung untuk menyebut nomer yang dituju pada sebuah iklan.

10. Mangkus

Kata ini mungkin terdengar sedikit berbeda dari kata-kata biasanya, atau bahkan terdengar aneh. Namun ternyata kata ini memiliki arti yang bagus loh yaitu waktu yang tepat atau keefektifan. Jadi Anda bisa menyebut efektif dengan kata mangkus.

Kata-kata diatas adalah kata-kata baru yang ada di KBBI. Untuk itu, alangkah baiknya Anda mulai ubah kebiasaan menyebut dengan istilah asing dan mulai terbiasa dengan istilah-istilah Bahasa Indonesia. Tentunya Anda juga harus terbiasa untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *