Apa Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin?

Posted on

Apa Motor Injeksi Tidak Boleh Kehabisan Bensin? – Tidak hanya teknologi saja yang terus berkembang dan berinovasi. Kendaraan pun harus terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman agar semakin memudahkan masyarakat dalam bertransportasi secara aman dan nyaman. Seperti halnya dengan motor berinjeksi yang sudah lama muncul di masyarakat.

Injeksi adalah teknologi canggih yang dapat mencampur adukkan udara sebelum dibakar oleh bahan bakar. Sehingga motor berinjeksi dijamin lebih irit bahan bakar dan bertenaga daripada motor yang bersistem karburator atau tidak berinjeksi.

Sejalan dengan fakta bahwa motor berinjeksi dapat menghemat bahan bakar ini juga menimbulkan beberapa pertanyaan. Mayoritas mempertanyakan apakah motor dengan sistem teknologi injeksi itu tidak boleh kehabisan bensin? Dan apa yang terjadi jika motor dengan teknologi injeksi mengalami kehabisan bensin? Alasan apa yang mendasari pertanyaan tersebut?

Muhammad Abdul Wahid, Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta menuturkan motor teknologi injeksi tidak diperbolehkan untuk kehabisan tenaga bahan bakar. Alasannya adalah karena bahan bakar disuplai ke mesin dengan pompa berbentuk seperti sebuah dinamo, yang perlu melalui proses pendinginan lewat bahan bakar pada kendaraan.

Apabila bahan bakar benar-benar habis maka akan yang terjadi alat akan memompa lebih berat dari sebelum kehabisan bensin. Dengan kerusakan pada pompa jika kendaraan berteknologi injeksi sering mengalami kehabisan bensin.

Sebenarnya tidak hanya motor dengan teknologi injeksi saja yang tidak boleh sampai kehabisan bensin. M. Abul juga mengatakan bahwa motor yang tidak berteknologi injeksi atau motor yang menggunakan sistem karburator juga tidak boleh sampai kehabisan bensin. Ini berarti kendaraan dengan teknologi injeksi ataupun tidak tetap tidak boleh kehabisan bensin.

Teknologi injeksi sendiri sudah banyak digunakan masyarakat pada umumnya. Masyarakat lebih memilih membeli motor dengan teknologi berinjeksi daripada dengan sistem karburator karena injeksi yang menggunakan udara dalam pembakaran akan menghemat bahan bakar yang dibutuhkan.

Namun jika sering mengalami volume bahan bakar habis maka bukan tidak mungkin teknologi injeksi dan pompa yang digunakan untuk memompa dengan bantuan pendingin bahan bakar akan rusak. Bahkan jika terlalu sering, umur pompa pada motor tersebut akan berkurang masa penggunaannya atau berkurang fungsinya.

Tentu sangat disayangkan, teknologi injeksi yang berfungsi menghemat bahan bakar akan berkurang masa fungsinya. Alhasil, walaupun motor berinjeksi tapi tetap seperti motor dengan sistem karburator yang kurang menghemat bahan bakar.

Pertanyaan masyarakat tentang motor teknologi injeksi kini sudah terjawab. Bukan hanya berinjeksi saja, tapi seluruh teknologi kendaraan tidak boleh kehabisan volume bahan bakar agar semua bagian pada kendaraan bekerja dan berjalan sesuai dengan fungsinya. Untuk itu, cek selalu kendaraan Anda dan sisa bahan bakar yang ada. Atau lebih baik jika Anda mengisi bahan bakar saat sisa bahan bakar tidak mepet. Jadi Anda dapat berkendara dengan tenang dan kendaraan Anda pun dalam keadaan baik baik saja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *